Kata Pengantar
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia kesehatan,
sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang Kompter Dalam Bidang
Pendidikan ini dengan baik walaupun ada beberapa kekurangan didalamnya. Dan
diucapkan terimakasih kepada pihak yang membantu untuk menyelesaikan makalah
ini.
Kami
harapkan makalah ini banyak terdapat manfaat yang bisa kita ambil didalamnya
karena tema ini kami ambil tidak terlepas dari jaman globalisasi yang makin
canggih dan agar untuk tidak ketinggalan jaman dalam proses belajar mengajar
bagi dosen maupun mahasiswa atau mahasiswinyanya sendiri.
Semoga
makalah ini berguna bagi pembacanya walaupun masih ada beberapa kekurangan
didalamnya karena penyusun masih banyak butuh belajar didalamnya. Kami harapkan
juga berikan kritik saran yangmembangun agar penyusun bisa bekerja lenih baik
dari sebelumnya.
KOMPUTER DALAM DUNIA
PENDIDIKAN
Komputer
adalah hasil karya manusia yang mampu membawa perubahan besar dalam berbagai
bidang pekerjaan manusia. Komputer telah memberikan andil besar terhadap
perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur, dan manajemen sistem pendidikan
atau pembelajaran. Berkat teknologi komputer ini berbagai kemudahan dapat
dirasakan dalam proses pembelajaran seperti persentasi pengajar, akses
informasi (e-learning) dan pembuatan pembelajaran berbasis komputer. Dalam
bidang pendidikan, komputer dapat digunakan sebagai alat menyampaikan informasi
atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain
itu, komputer dapat juga dijadikan media yang memahami suatu konsep. Hal ini
sangat memungkinkan, karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks,
suara, warna, gambar, gerak dan video. Pada umumnya dalam bidang pemdidikan,
penggunaan komputer merupakan cara untuk menyampaikan materi yang disampaikan
disimpan dalam bentuk digital.
Dalam
proses pembelajaran berbantuan komputer, peserta didik berhadapan dan
berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara komputer dengan
peserta didik ini terjadi secara individual, sehingga apa yang dialami oleh
seorang peserta didik akan berbeda dengan apa yang dialami oleh pesera duduk
lainnya.
MANFAAT KOMPUTER DALAM DUNIA
PENDIDIKAN
Dalam
hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam
proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswanya dan mempunyai beberapa fungsi
dalam dunia pendidikan sebagai berikut ;
- - Sebagai media tutorial, maksudnya komputer memiliki keunggulan dalam hal ineraksi, membutuhkan minat bekahar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
- - Alat peraga dan juga alat uji, disini komputer memiliki keunggulan dalam ke oyektifan, ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika.
- - Menghemat waktu proses belajar mengajar,
- - Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan,
- - Dapat dijadikan sebagai buku elektronik,
- - Sebagai alat hitung, didalam komputer tentunya sangat mudah dalam urusan hitung – menghitung karena di dalam komputer terdapat sebuah sistem yang dirancang khusus untuk menhitung, contohnya Ms. Exel.
- - Sebagai alat presentasi, dengan bantuan proyektor kini komputer dapat digunakan mahasiswa untuk mempresentasikan sebuah hasil penelitiannya maupun hasil karyanya,
- - Komputer dapat menyimpan informasi, setelah kita mencari atau membuat artikel di komputer kita bisa menyimpannya di komputer tersebut.
- - Informasi pendidikan yang mudah di akses, informasi pendidikan apapun dapat diakses melalui komputer dengan mudah.
- - Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer, mereka dapat mengerjakan tugasnya dengan cara yang kreatif dengan media komputer.
- - Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi.
- - Didalam komputer terdapat aplikasi yang dapat menambah pembelajaran dalam sesuai minat siswa, contohnya aplikasi power point yang dirancang untuk media presentasi.
- - Manfaat untuk pembuatan materi atau pembaruan materi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi sekarang, serta dapat dengan efisien mengontrol kegiatan siswa tersebut.
KOMPUTER DALAM DUNIA
PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI
1. Menurut
Gagne dan Briggs (Munir, 2001)
- · Hubungan interaktif : Komputer menyebabkan terwujudnya hubungan diantara rangsangan dengan jawaban, dan dapat menumbuhkan inspirasi dan meningkatkan minat,
- · Pengulangan : Komputer memberi fasilitas bagi pengguna untuk mengulang apabila diperlukan. Juga untuk memperkuat proses belajar dan memperbaiki ingatan. Dalam pengulangan amat diperlukan kebebasan dan kreativitas dari para peserta didik,
- · Umpan balik dan peneguhan : Media komputer membantu peserta didik memperoleh umpan balik terhadap pelajaran secara leluasa dan dapat memacu motivasi belajar dengan peneguhan positif yang diberi apabila peserta didik memberi jawaban.
2. Menurut
Nasution (1994)
- · Komputer dapat membantu peserta didik dan guru dalam pembelajaran, karena komputer itu, “Sabar, cepat, mempunyai ingatan yang sempurna”. Komputer sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching, mengingat tak ada guru yang dapat memberikan latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer,
- · Pembelajaran berbantuan komputer memiliki banyak kemampuan yang dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau memproduksi grafik, gambar dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia mana pun,
- · Pembelajaran berbantuan komputer sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan perancang pengajaran atau penyusun kurikulum,
- · Pembelajaran berbantuan komputer dan mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Apabila komputer tidak dapat menjawab pertanyaan peserta didik, dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Ada kalanya komputer dapat memberi jawaban yang tak dapat dengan segera dijawab oleh guru,
- · Selain itu, komputer dapat pula menilai hasil belajar setiap peserta didik dengan segera.
3. Menurut
Sudjana dan Rivai (1989)
- · Model latihan dan praktek (drill and pratics),
- · Model tutorial (tutorials),
- · Model penemuan (problem solving),
- · Model simulasi (simulations), dan
- · Model permainan (games).
4. Menurut
Rosenberg (2001)
- · Pergeseran dari pelatihan ke penampilan,
- · Pergeseran dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja,
- · Pergeseran dari kertas ke online atau saluran,
- · Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata,
- · Pergeseran fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja.
DAMPAK NEGATIF DARI PENGGUNA
KOMPUTER
- Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chatting dan game, orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadapat tugas dan tanggung jawab mereka seperti belajar, ataupun bekerja,
- Dengan mengakses situs-situs yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang,
- Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah,
- Programmer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, sera dapat merusak system orang.
PENUTUP
Kemajuan teknologi dan komunikasi
telah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini adalah pembelajaran
berbantuan komputer. Melalui pembelajaran berbantuan komputer telah memberi peran
baru kepada kita semua.Selain itu komputer tentu menuntut kita memiliki
kompetensi dalam mengoperasionalkan komputer. Tapi kesemuanya itu terdapat baik
dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si pemakainya, dan kami yakin
bahwa komputer diciptakan bukanlah untuk membuat hal yang buruk, tetapi
membantu manusia dalam mempermudah di segala bidang, khususnya bidang
pendidikan.
Demikianlah
makalah yang kami buat semoga bermanfaat bagi orang banyak dan memberi banyak
lebih wawasan oleh pembaca makalah ini. Mohon maaf bila ada kekurangan dan
kata-kata yang ada di makalah ini, tidak bermaksud menyinggung perasaan para
pembacanya.
Dan
kami harapkan semoga pembaca makalah ini bisa makin termotivasi untuk belajar
lebih giat terutama belajar menggunakan media komputer karena sudah dijelaskan
banyak kemudahan belajar dengan menggunkan komputer.
DAFTAR PUSTAKA
Komentar
Posting Komentar