Langsung ke konten utama

KOMPUTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Kata Pengantar

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan karunia kesehatan, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah tentang Kompter Dalam Bidang Pendidikan ini dengan baik walaupun ada beberapa kekurangan didalamnya. Dan diucapkan terimakasih kepada pihak yang membantu untuk menyelesaikan makalah ini.
Kami harapkan makalah ini banyak terdapat manfaat yang bisa kita ambil didalamnya karena tema ini kami ambil tidak terlepas dari jaman globalisasi yang makin canggih dan agar untuk tidak ketinggalan jaman dalam proses belajar mengajar bagi dosen maupun mahasiswa atau mahasiswinyanya sendiri.
Semoga makalah ini berguna bagi pembacanya walaupun masih ada beberapa kekurangan didalamnya karena penyusun masih banyak butuh belajar didalamnya. Kami harapkan juga berikan kritik saran yangmembangun agar penyusun bisa bekerja lenih baik dari sebelumnya.






KOMPUTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Komputer adalah hasil karya manusia yang mampu membawa perubahan besar dalam berbagai bidang pekerjaan manusia. Komputer telah memberikan andil besar terhadap perubahan-perubahan yang mendasar pada struktur, dan manajemen sistem pendidikan atau pembelajaran. Berkat teknologi komputer ini berbagai kemudahan dapat dirasakan dalam proses pembelajaran seperti persentasi pengajar, akses informasi (e-learning) dan pembuatan pembelajaran berbasis komputer. Dalam bidang pendidikan, komputer dapat digunakan sebagai alat menyampaikan informasi atau ide-ide yang terkandung dalam pembelajaran kepada peserta didik. Selain itu, komputer dapat juga dijadikan media yang memahami suatu konsep. Hal ini sangat memungkinkan, karena komputer mempunyai kemampuan mengkombinasikan teks, suara, warna, gambar, gerak dan video. Pada umumnya dalam bidang pemdidikan, penggunaan komputer merupakan cara untuk menyampaikan materi yang disampaikan disimpan dalam bentuk digital.
Dalam proses pembelajaran berbantuan komputer, peserta didik berhadapan dan berinteraksi secara langsung dengan komputer. Interaksi antara komputer dengan peserta didik ini terjadi secara individual, sehingga apa yang dialami oleh seorang peserta didik akan berbeda dengan apa yang dialami oleh pesera duduk lainnya.



MANFAAT KOMPUTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Dalam hal pendidikan, komputer dapat dipergunakan sebagai alat bantu (media) dalam proses belajar mengajar baik untuk guru maupun siswanya dan mempunyai beberapa fungsi dalam dunia pendidikan sebagai berikut ;
  • -          Sebagai media tutorial, maksudnya komputer memiliki keunggulan dalam hal ineraksi, membutuhkan minat bekahar mandiri serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.
  • -           Alat peraga dan juga alat uji, disini komputer memiliki keunggulan dalam ke oyektifan,  ketepatan dan kecepatan dalam penghitungan tetapi masih belum dapat menilai soal-soal essai, pendapat dan hal yang terkait dengan moral dan etika.
  • -          Menghemat waktu proses belajar mengajar,
  • -          Melatih pembelajar lebih mandiri dalam mendapatkan ilmu pengetahuan,
  • -          Dapat dijadikan sebagai buku elektronik,
  • -          Sebagai alat hitung, didalam komputer tentunya sangat mudah dalam urusan hitung – menghitung karena di dalam komputer terdapat sebuah sistem yang dirancang khusus untuk menhitung, contohnya Ms. Exel.
  • -          Sebagai alat presentasi, dengan bantuan proyektor kini komputer dapat digunakan mahasiswa untuk mempresentasikan sebuah hasil penelitiannya maupun hasil karyanya,
  • -          Komputer dapat menyimpan informasi, setelah kita mencari atau membuat artikel di komputer kita bisa menyimpannya di komputer tersebut.
  • -          Informasi pendidikan yang mudah di akses, informasi pendidikan apapun dapat diakses melalui komputer dengan mudah.
  • -          Kemampuan belajar peserta didik dapat meningkat dengan adanya fasilitas komputer, mereka dapat mengerjakan tugasnya dengan cara yang kreatif dengan media komputer.
  • -          Kecerdasan psikomotorik siswa dapat terangsang dengan adanya pendidikan yang berbasis teknologi.
  • -          Didalam komputer terdapat aplikasi yang dapat menambah pembelajaran dalam sesuai minat siswa, contohnya aplikasi power point yang dirancang untuk media presentasi.
  • -          Manfaat untuk pembuatan materi atau pembaruan materi yang sesuai dengan tuntutan perkembangan keilmuan yang terjadi sekarang, serta dapat dengan efisien mengontrol kegiatan siswa tersebut.



KOMPUTER DALAM DUNIA PENDIDIKAN MENURUT PARA AHLI


 1.   Menurut Gagne dan Briggs (Munir, 2001)
  • ·      Hubungan interaktif : Komputer menyebabkan terwujudnya hubungan diantara rangsangan dengan jawaban, dan dapat menumbuhkan inspirasi dan meningkatkan minat,
  • ·         Pengulangan : Komputer memberi fasilitas bagi pengguna untuk mengulang apabila diperlukan. Juga untuk memperkuat proses belajar dan memperbaiki ingatan. Dalam pengulangan amat diperlukan kebebasan dan kreativitas dari para peserta didik,
  • ·         Umpan balik dan peneguhan : Media komputer membantu peserta didik memperoleh umpan balik terhadap pelajaran secara leluasa dan dapat memacu motivasi belajar dengan peneguhan positif yang diberi apabila peserta didik memberi jawaban.


 2.    Menurut Nasution (1994)
  • ·         Komputer dapat membantu peserta didik dan guru dalam pembelajaran,  karena komputer itu, “Sabar, cepat, mempunyai ingatan yang sempurna”. Komputer sesuai sekali untuk latihan dan remedial teaching, mengingat tak ada guru yang dapat memberikan latihan tanpa jemu-jemunya seperti komputer,
  • ·         Pembelajaran berbantuan komputer memiliki banyak kemampuan yang dimanfaatkan segera seperti membuat hitungan atau memproduksi grafik, gambar dan memberikan bermacam-macam informasi yang tak mungkin dikuasai oleh manusia mana pun,
  • ·         Pembelajaran berbantuan komputer sangat fleksibel dalam mengajar dan dapat diatur menurut keinginan perancang pengajaran atau penyusun kurikulum,
  • ·         Pembelajaran berbantuan komputer dan mengajar oleh guru dapat saling melengkapi. Apabila komputer tidak dapat menjawab pertanyaan peserta didik, dengan sendirinya guru akan menjawabnya. Ada kalanya komputer dapat memberi jawaban yang tak dapat dengan segera dijawab oleh guru,
  • ·         Selain itu, komputer dapat pula menilai hasil belajar setiap peserta didik dengan segera.

 3.    Menurut Sudjana dan Rivai (1989)
  • ·         Model latihan dan praktek (drill and pratics),
  • ·         Model tutorial (tutorials),
  • ·         Model penemuan (problem solving),
  • ·         Model simulasi (simulations), dan
  • ·         Model permainan (games).

4. Menurut Rosenberg (2001)

  • ·         Pergeseran dari pelatihan ke penampilan,
  • ·         Pergeseran dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja,
  • ·         Pergeseran dari kertas ke online atau saluran,
  • ·         Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata,
  • ·         Pergeseran fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja.




DAMPAK NEGATIF DARI PENGGUNA KOMPUTER

  • Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chatting dan game, orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadapat tugas dan tanggung jawab mereka seperti belajar, ataupun bekerja,
  • Dengan mengakses situs-situs yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang,
  •   Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah,
  •   Programmer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, sera dapat merusak system orang.






PENUTUP

            Kemajuan teknologi dan komunikasi telah dimanfaatkan dalam dunia pendidikan. Dalam hal ini adalah pembelajaran berbantuan komputer. Melalui pembelajaran berbantuan komputer telah memberi peran baru kepada kita semua.Selain itu komputer tentu menuntut kita memiliki kompetensi dalam mengoperasionalkan komputer. Tapi kesemuanya itu terdapat baik dan buruknya fungsi komputer tergantung kepada si pemakainya, dan kami yakin bahwa komputer diciptakan bukanlah untuk membuat hal yang buruk, tetapi membantu manusia dalam mempermudah di segala bidang, khususnya bidang pendidikan.
Demikianlah makalah yang kami buat semoga bermanfaat bagi orang banyak dan memberi banyak lebih wawasan oleh pembaca makalah ini. Mohon maaf bila ada kekurangan dan kata-kata yang ada di makalah ini, tidak bermaksud menyinggung perasaan para pembacanya.
Dan kami harapkan semoga pembaca makalah ini bisa makin termotivasi untuk belajar lebih giat terutama belajar menggunakan media komputer karena sudah dijelaskan banyak kemudahan belajar dengan menggunkan komputer.







DAFTAR PUSTAKA







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Storyboard Game : Java Chess The Game

TUGAS MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI GAME Nama          :         BagusFajarDwichayo NPM            :         51415251 KONSEP GAME Pada kali ini akan membuat konsep game yang serderhana. Dengan seiringnya waktu game-game yang ber grafik bagus dan gameplay yang sangat banyak action sudah sangat dijumpai pada saat ini, akan tetapi dengan grafik yang standar-standar saja dan gameplay yang simple juga masih sangat digemari oleh orang-orang yang mengisi waktu luang nya dengan teman-teman ketika sedang nongkrong atau sedang berkumpul untuk senang-senang. Game yang simple ini biasanya digemari oleh anak-anak atau para wanita. Oleh sebab itu berlatar belakang yang simple ada permainan tradisional yang sangat mudah dimainkan yaitu catur jawa, permainan ini sangat simple dan tidak salah untuk mengisi waktu luang dan bersen...

KOMPUTASI MODERN & PARALEL PROCESSING

a)   Pengertian Komputasi dan Paralel Prossesing KOMPUTASI Sebagian besar manusia di dunia mengetahui apa itu komputer, komputer berbeda dengan komputasi. Jadi, komputasi merupakan suatu cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Pengertian Komputasi adalah proses menghitung, membandingkan dan berbagai operasi perhitungan matematika dan logika yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dikerjakan dengan program komputer yang sudah disusun sesuai dengan Algoritma yang benar. Kelebihan dari proses perhitungan komputasi yaitu bisa mendapatkan suatu hasil laporan dengan cepat dan akurat. Karena kita tinggal menginput data ke komputer, maka sistem yang telah dibuat tadi akan bekerja dan mengolah data kita menjadi informasi yang lebih berguna. PARALLEL PROCESSING Pemrosesan paralel  yaitu menggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya,parallel processing membu...

PERJALANAN BUKIT PELANGI

Bukit Pelangi (gambar dari google).. Bukit Pelangi mungkin adalah tempat yang biasa dikunjungin kalau gue mau kepuncak. Ini tempat bukan opsional, sunah, atau apalah.. ini  tempat yang wajib kudu dan harus dilewatin sama kita-kita. Khususnya temen-temen SMA Sejahtera 1 Depok angkatan ke-32 (EXOS32) yang sering ke Puncak. Hmmm kenal tempat ini gara-gara temen sekolah si Rizky Maulana A.K.A Erem. Waktu itu (Lupa tanggal) lagi jaman-jamannya game Online PB. Nah kita-kita niat maen di satu warnet deket sekolah, hari itu hari libur. Nah karna anak-anak demennya pada ngaret akhirnya kita gak kebagian kursi di Warnet. Pas waktu itu si ada 4 orang ada gue, Erem, Faisal (Aso), sama Putra (Putbol) akhirnya kita galau didepan warnet bingung karna rencana yang diniatin gak sesuai harapan. Pas beberapa menit semenjak keambiguan kita keluarlah sabda dari mas Erem yang bunyinya.. Pake bismillah dulu. "Eh gimana kita ke BUKIT PELANGI aja? Itu gue pernah nongkrong disitu sama temen-te...