Langsung ke konten utama

ARTIKEL KOMPUTASI MODERN


PENGANTAR KOMPUTASI MODERN


Disusun Oleh :
Nama : Bagus Fajar Dwicahyo
NPM   : 51415251
Kelas : 4IA11
Tugas : Ke 3 (REVISI)
Dosen: Ibu Siti Saidah

Hasil gambar untuk logo gundar





UNIVERSITAS GUNADARMA




a)    Komputasi bisa diartikan sebagai cara untuk menyelesaikan sebuah masalah dari inputan data dengan menggunakan algoritma. Teknologi komputasi adalah aktivitas penggunaan dan pengembangan teknologi komputer, perangkat keras, dan perangkat lunak komputer. Ia merupakan bagian spesifik komputer dari teknologi     informasi.
Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasardalamilmu.
Bidang ini berbeda dengan ilmu komputer (computer science), yang mengkaji komputasi, komputer dan pemrosesan informasi. Bidang ini juga berbeda dengan teori dan percobaan sebagai bentuk tradisional dari ilmu dan kerja keilmuan. Dalam ilmu alam, pendekatan ilmu komputasi dapat memberikan berbagai pemahaman baru, melalui penerapan model-model matematika dalam program komputer berdasarkan landasan teori yang telah berkembang, untuk menyelesaikan masalah-masalah nyata dalam ilmu tersebut.
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:
·         Akurasi (big, Floating point)
·         Kecepatan (dalam satuan Hz)
·         Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
·         Modeling (NN & GA)
·         Kompleksitas (Menggunakan Teori big O)

Karakteristik Komputasi Modern
1. Komputer-komputer penyedia sumber daya bersifat heterogenous karena terdiri dari berbagai jenis perangkat keras, sistem operasi, serta aplikasi yang terpasang.
2. Komputer-komputer terhubung ke jaringan yang luas dengan kapasitas bandwidth yang beragam.
3. Komputer maupun jaringan tidak terdedikasi, bisa hidup atau mati sewaktu-waktu tanpa jadwal yang jelas.

b)   Sejarah komputasi modern yang berhubungan dengan perkembangan hardware :
Generasi 1 : pada tahun 1946-1956, hardware generasi ini mengandalkan ruang tabung hampa (vacuum tube). Komputer ini membutuhkan ruangan yang luas, berkemampuan rendah dan terkenal dengan daya panasnya. Ukuran penyimpanannya hanya sekitar +/- 2000 byte dan untuk menjalankan program dan pencetakan masih dilakukan secara manual.
Hardware Generasi 2 : pada tahun 1957-1963. Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkomsusikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik
Hardware Generasi 3 : pada tahun 1964-1975. Intergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Generasi ini pula yang memperkenalkan tekhnologi software yang mudah digunakan.
Hardware Generasi 4 : pada tahun 1980-sekarang. Komputer telah menggunakan teknologi”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik.

c)   Macam-macam komputasi Modern :
·         Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya.
·         Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar.
·         Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
·         Beberapa Contoh Komputasi Modern Sampai Dengan Lahirnya ENIAC 

1. Konrad Zuse’s electromechanical “Z mesin”.Z3 (1941) sebuah mesin pertama menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
2. Non-programmable Atanasoff-Berry Computer  yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
3. Komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
4. The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
5. US Army’s Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik  (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse ’s Z3 yang ditemukan padatahun 1941).


d)   Dafta Pustaka :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Storyboard Game : Java Chess The Game

TUGAS MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI GAME Nama          :         BagusFajarDwichayo NPM            :         51415251 KONSEP GAME Pada kali ini akan membuat konsep game yang serderhana. Dengan seiringnya waktu game-game yang ber grafik bagus dan gameplay yang sangat banyak action sudah sangat dijumpai pada saat ini, akan tetapi dengan grafik yang standar-standar saja dan gameplay yang simple juga masih sangat digemari oleh orang-orang yang mengisi waktu luang nya dengan teman-teman ketika sedang nongkrong atau sedang berkumpul untuk senang-senang. Game yang simple ini biasanya digemari oleh anak-anak atau para wanita. Oleh sebab itu berlatar belakang yang simple ada permainan tradisional yang sangat mudah dimainkan yaitu catur jawa, permainan ini sangat simple dan tidak salah untuk mengisi waktu luang dan bersen...

KOMPUTASI MODERN & PARALEL PROCESSING

a)   Pengertian Komputasi dan Paralel Prossesing KOMPUTASI Sebagian besar manusia di dunia mengetahui apa itu komputer, komputer berbeda dengan komputasi. Jadi, komputasi merupakan suatu cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Pengertian Komputasi adalah proses menghitung, membandingkan dan berbagai operasi perhitungan matematika dan logika yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dikerjakan dengan program komputer yang sudah disusun sesuai dengan Algoritma yang benar. Kelebihan dari proses perhitungan komputasi yaitu bisa mendapatkan suatu hasil laporan dengan cepat dan akurat. Karena kita tinggal menginput data ke komputer, maka sistem yang telah dibuat tadi akan bekerja dan mengolah data kita menjadi informasi yang lebih berguna. PARALLEL PROCESSING Pemrosesan paralel  yaitu menggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya,parallel processing membu...

PERJALANAN BUKIT PELANGI

Bukit Pelangi (gambar dari google).. Bukit Pelangi mungkin adalah tempat yang biasa dikunjungin kalau gue mau kepuncak. Ini tempat bukan opsional, sunah, atau apalah.. ini  tempat yang wajib kudu dan harus dilewatin sama kita-kita. Khususnya temen-temen SMA Sejahtera 1 Depok angkatan ke-32 (EXOS32) yang sering ke Puncak. Hmmm kenal tempat ini gara-gara temen sekolah si Rizky Maulana A.K.A Erem. Waktu itu (Lupa tanggal) lagi jaman-jamannya game Online PB. Nah kita-kita niat maen di satu warnet deket sekolah, hari itu hari libur. Nah karna anak-anak demennya pada ngaret akhirnya kita gak kebagian kursi di Warnet. Pas waktu itu si ada 4 orang ada gue, Erem, Faisal (Aso), sama Putra (Putbol) akhirnya kita galau didepan warnet bingung karna rencana yang diniatin gak sesuai harapan. Pas beberapa menit semenjak keambiguan kita keluarlah sabda dari mas Erem yang bunyinya.. Pake bismillah dulu. "Eh gimana kita ke BUKIT PELANGI aja? Itu gue pernah nongkrong disitu sama temen-te...