Langsung ke konten utama

Macam-Macam Game Engine, AI dalam Game dan Efek - Efek dalam Game

Macam-Macam Game Engine

1. Unreal Engine 

Company : Epic Games
Platforms : Windows, Android, HTML5, iOS, Linux, Mac, Oculus, PC, PS4, SteamOS, Xbox One
Operasi Sistem : PC, OS X, LINUX
Awal Rilis : 1 Juli 1998
Bahasa Pemrograman : C++
Type : 3D 



Unreal Engine merupakan salah satu game engine yang populer digunakan untuk mengembangkan game berbasis mobile seperti Android dan iOS. Selain itu, pengembang yang menggunakan Unreal Engine ini dapat juga mengembangkan game untuk Playstation, X Box, Windows, Mac OS, Linux, HTML5, Steam, dan yang terbaru Oculus Rift.

Tahun lalu Unreal Engine merupakan game engine yang berbayar dengan metode pembayaran sistem langganan seharga $20 atau sekitar Rp. 250.000) per bulannya. Biasanya yang menggunakan Unreal merupakan pengembang game besar, namun di tahun 2015 ini secara resmi Unreal Engine 4 menjadi versi gratis yang dapat digunakan oleh pengembang game manapun.

Dengan adanya sistem penggratisan ini memberikan dampak positif dan membuat pengembang game yang menggunakan Unreal Engine ini menjadi bertambah banyak. Dalam hal ini pihak Unreal akan meminta royalti sebesar 5% apabila pengembang game sukses dalam menghasilkan keuntungan US$3000 (sekitar 39,3 Juta Rupiah) atau lebih setiap 3 bulan sekali.Untuk dapat mengembangkan game menggunakan Unreal Engine ini pengembangnya harus menguasai bahasa pemrograman C++.Menariknya, Unreal Engine juga sudah melakukan integrasinya untuk game yang dapat berjalan di perangkat Virtual Reality seperti Oculus Rift, SteamVR, maupun Samsung Gear VR. Dengan adanya teknologi Virtual Reality ini memungkinkan pengembang dapat membuat game dengan pengalaman yang lebih nyata ketika dijalankan pada sebuah perangkat Virtual Reality.

Beberapa game yang dihadirkan dengan Unreal Engine ini bisa dibilang memiliki kualitas yang bagus dan tampilan antarmuka 3 dimensi yang menarik. Contoh game yang dibuat menggunakan Unreal Engine adalah Icarus-M, Legend Of Mir, Lineage 2 : Revolution, Blade 2.

2. Unity

 

Company : Unity Technologies
Platforms : Android, BlackBerry, iOS, Linux, Mac, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Windows.
Operasi Sistem : PC, MacOS, Linux
Awal Rilis : 8 Juni 2005
Bahasa Pemrograman : C#, JavaScript (UnityScript), Boo
Type : 3D


Unity merupakan suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac, Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.

Unity secara rinci dapat digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac. Unity juga akan mendukung console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360. Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.

Server aset dari Unity dapat digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari file multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka, itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi. Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga berjalan pada PostgreSQL, database server opensource.
Fitur-fitur :
·                     Rendering
·                     Scripting
·                     Asset Tracking
·                     Platforms 
·                     Asset Store
·                     Physics
Contoh Game : Angry Bird, Dread Out, Pokemon GO, Bad Piggies.

3. CryEngine 3

 

Company : Crytek
Platforms : Windows, Linux, Android, iOS, PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Wii U
Operasi Sistem : PC, MacOS, Linux
Tanggal Rilis : 11 Maret 2009
Bahasa Pemrograman : C++, C#, Lua
Type : 3D

CryEngine 3 merupakan teknologi graphics game yang menampilkan bayangan dari pencahayaan suatu objek terlihat nyata, dimana ketika player bayangannya menjauh akan memudar dan sedikit menghilang. Rerumputan akan ikut bergerak apabila terkena sentuhan dari pemain yang melintasinya, juga bergoyang ketika terkena hempasan angin yang lalu-lalang. Bahkan partikel seperti jilatan api akan tampak seperti nyata, tetesan air hujan disamudera dan permukaan yang terkena air hujan disuatu objek mampu memantulkan suatu bayangan. Dengan kata lain, CryEngine 3 menjanjikan grafik game yang nyata seperti bentuk aslinya direal-world. Dari Cry Engine 3 ini kita juga bisa melihat tampilan yang kabur ketika bergerak bergantung kepada kecepatan, dan pembiasan diri dari partikel-partikel merupakan satu hal yang sangat realistik yang pernah disaksikan dari suatu game engine. Belum lagi tessellation yang membuat air dilautan terlihat begitu nyata, juga mampu menimbulkan banyak buih ketika terjadi gesekan antara gelombang-gelombang air laut. Contoh game yang menggunakan teknologi graphic Cry Engine yaitu Crysis 2, FarCry , Aion : Tower of Eternity.

4. Construct 2

 

Company : Scrirra
Platforms : Microsoft Windows, Android
Operasi Sistem : Microsoft Windows
Tanggal Rilis : 4 Februari 2011
Bahasa Pemrograman : HTML5 (Drag & Drop)
Type : 2D



Construct 2 adalah Game Engine 2D berbasis HTML5, yang dikembangkan oleh Scirra Ltd. Engine ini ditujukan terutama pada non-programmer, yang memungkinkan pembuatan game hanya dengan cara drag-and-drop,karena sebagian besar logika untuk game dapat dibuat menggunakan menu.

Fitur-fitur Construct 2 :
1. Quick and Easy 

Dengan menggunakan Construct 2 membuat game menjadi lebih mudah. Construct 2 memiliki antarmuka Ribbon yang cepat dan mudah dipahami. Layout editor menyediakan antarmuka what-you-see-is-what-you-get untuk mempercepat perancangan game. Sehingga apapun yang di lihat dalam desain layout adalah tampilan yang didapatkan ketika game dijalankan.


2. Powerfull Event System

Construct 2 dapat membuat game dengan cara yang mudah dibaca secara visual karena tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman yang rumit dan samar. Construct 2 menyediakan EventSheet yang berisi pernyataan kondisi atau pemicu. Jika kondisi tersebut terpenuhi, tindakan atau fungsi dapat dilakukan.

3. Flexible Behaviors

Behaviors menyediakan cara instan untuk menambahkan kemampuan objek, mempercepat pembangunan dan meningkatkan produktivitas. Misalnya menambahkan Behavior platform pada objek sprite yang memungkinkan objek tersebut dapat belari dan melompat. Pengguna dapat mengatur pengaturan untuk kecepatan, akselerasi, kekuatan melompat, gravitas, dan banyak lagi, sampai kemampuan objek tersebut sesuai seperti yang dibutuhkan.

4. Instant Preview

Tidak perlu menunggu waktu yang memakan waktu untuk mengkompilasi. Permainan akan di preview dan berjalan di jendela Browser ketika diuji. Fitur lainnya yang membuat pengujian lebih mudah adalah Preview Over Wifi. Hal ini memungkinkan setiap ponsel, tablet, laptop, atau PC lain yang terhubung pada LAN/Wifi juga dapat langsung melihat preview game.

5. Stunning Visual Effects 

Ada lebih dari 70 efek berbasis WebGL untuk warp, distort, blend, blur, mask, re-color dan lainnya. Pengguna dapat menambahkan ini pada objek, layer dan layout untuk efek khusus yang cepat dan menciptakan hasil yang luar biasa. Game yang dibuat dengan Construct 2 diharapkan dapat membuat pemain mendapatkan pengalaman terbaik dari permainan yang dibuat.

6. Multiplatform Export

Construct 2 dapat mempublikasikan game dengan pilihan platform yang luas hanya dengan satu project. Game Construct 2 dapat diterbitkan pada platform berbasis web seperti Chrome Web Store, Facebook, Kongregate, Newgrounds, Firefox Marketplace. Selain itu memungkinkan pula untuk melakukan ekspor game ke desktop PC, Mac, dan Linux dengan menggunakan Node-Webkit. Selain mempublikasikan ke Windows 8 Store atau sebagai aplikasi Windows Phone 8. Pengguna dapat pula mengekspor game ke iOS dan Android dengan menggunakan CocoonJS, appMobi dan PhoneGap. Dengan dukungan platform yang luas pengguna dapat memiliki akses yang luas untuk pemain.

7. Easy Extensibility

Construct 2 hadir dengan lebih dari 20 built-in plugin, lebih dari 20 behaviors dan lebih dari 70 visual effects. Mulai dari menampilkan text dan sprites, sound dan music, input, manipulasi data dan penyimpanan, efek partikel, efek pergerakan, dan masih banyak lagi. Jika pengguna perlu beberapa fungsi tertentu, Construct 2 memberi akses pengguna untuk membuat plugin atau behaviors sendiri menggunakan Javascript SDK. Pengguna juga dapat membuat efek visual sendiri dengan menggunakan bahasa GLSL shader. Komunitas Construct 2 menghasilkan lebih dari 150 plugin dan behaviors. Plugin ini juga dapat ditambahkan untuk permainan yang dibuat.

Contoh Game : CoinOp Story, Cosmochoria, Mortar Melon.


Efek dalam Game

1. Resolution

Resolusi merupakan jumlah pixel yang ada di dalam monitor gamers. Biasanya dituliskan dalam bentuk panjang x lebar pixel.
Misal 1440 x 900 maka artinya monitor tersebut akan memiliki panjang 1440 pixel dengan lebar 900 pixel.
Semakin banyak jumlah pixel maka semakin besar pula resolusinya dan semakin mulus juga gambar yang akan dihasilkan. 

2. Texture

Kalau tekstur tentunya membicarakan kualitas dari lingkungan sekitar / environment dalam game. Sehingga game yang dimainkan akan menjadi bagus, indah, dan rapi.
Semakin tinggi tekstur yang gamers inginkan akan menghasilkan kerja VGA yang lebih berat namun detil yang lebih bagus juga.

3. Anti-Aliasing

Anti-Aliasing berfungsi untuk mengurangi efek aliasing atau efek patah-patah. Biasanya efek aliasing akan terlihat jelas pada objek berposisi diagonal.
Anti-aliasing berfungsi sebagai filter yang mengubah warna pada pixeldisekitar obyek yang terlihat patah-patah sedemikian rupa sehingga obyek tersebut terlihat lebih mulus.
Proses ini sangat mempengaruhi performa GPU. Fitur ini memiliki banyak tingkatan 2x, 4x, atau 16x.
Anti-aliasing 16x menghilangkan hampir semua efek anak tangga dengan mengurangi performa GPU secara signifikan.
Sedangkan pada anti-aliasing 2x, efek patah-patah mungkin masih sering terlihat, namun performa lebih baik.

4. MSAA (Multisampling Anti-Aliasing)

MSAA merupakan jenis AA yang paling sering digunakan. MSAA diterapkan hanya pada bagian frame yang mungkin terlihat patah-patah, dan bukannya pada seluruh frame, sehingga MSAA bisa saja masih menyisakan efek patah-patah tadi pada beberapa bagian, misalnya didalam obyek poligon.

5. TXAA (Temporal Anti-Aliasing)

TXAA bisa juga dikatakan MSAA dengan beberapa modifikasi. TXAAmemproses frame yang telah ditampilkan untuk menyempurnakan frame yang akan ditampilkan.
TXAA dibuat oleh NVIDIA sehingga optimal untuk kartu grafis buatannya. TXAA dapat lebih efektif dari MSAA, namun membuat gambar terlihat sangat kabur. AMD juga membuat AA semacam ini dengan nama MLAA.

6. FXAA (Fast Approximate Anti-Aliasing)

FXAA adalah jenis AA yang tidak terlalu mengurangi performa. FXAAmemproses frame yang ditampilkan untuk mengurangi aliasing dengan relatif cepat. Namun FXAA dapat membuat gambar terlihat kabur. Sebaiknya fitur ini dimatikan apabila dirasa game berjalan terlalu berat.

7. Vertical Synchronization (VSync)

VSync merupakan pengaturan untuk mencegah terjadinya screen tearing. Screen tearing adalah tidak sesuainya frame per second dengan refresh rate.
VSync mengolah frame rate sesuai dengan refresh rate untuk mencegah screen tearing, misalnya maksimal 60 fps pada monitor 60Hz. Pada saat frame rate berkurang VSync menguncinya ke 30, 20, atau 15 fps untuk mengindari screen tearing.
Frame rate diantara 60 dan 30 biasanya dikunci ke 30, dan seterusnya. Sedangkan tanpa VSync frame rate-nya bisa lebih tinggi, dengan kemungkinan terjadi tearing.
Adaptive VSync buatan NVIDIA mencegah penurunan frame rate secara signifikan selagi mencegah screen tearing.

8. Render Quality

Render quality akan memengaruhi hasil kualitas gambar yang dihasilkan dalam game.
Semakin kecil kualitas render-nya semakin besar fps yang bisa didapat dengan konsekuensinya memiliki grafik yang kurang memuaskan.

9. Tessellation

Tessellation pengaturan yang akan menyebabkan permukaan yang rata menjadi terlihat lebih detil, lengkap dengan perbedaan kedalaman tekstur.
Tesselation juga menambah kualitas visual lebih terasa. Fitur ini membutuhkan GPU yang mendukung DirectX 11.
Disarankan mengaktifkan fitur ini setelah bisa menyelakan semua fitur yang lain dan performa GPU yang memungkinkan.

10. Ambient Occlusion

Ambient occlusion akan membentuk bayangan pada sudut dan sisi tertentu sebuah objek.
Ambient occlusion memproses bayangan yang terbentuk tidak hanya dari satu cahaya saja.

11. Anisotropic Filtering

Pengaturan ini membuat tekstur objek yang letaknya jauh terlihat jelas dan merata.
Semakin tinggi tingkat Anisotropic Filtering maka semakin jelas / tajam tekstur objek yang jauh terlihat.
Fitur ini menyempurnakan tampilan visual game tanpa terlalu mengurangi performa.


Artificial Intelligence dalam Game
Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media interaksi ialah:
·         Penglihatan (vision)
·         Suara (voice), ucapan (speech)
·         Gerakan anggota badan ( gesture)
Untuk pembentukan Artificial Intelligence pada game ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu struktur. Implementasi pohon (tree) ini biasa disebut game tree. Berdasarkan game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan buatannya. Artificial intellegence yang disematkan dalam sebuah game yang membentuk analisis game tree biasanya merepresentasikan kondisi atau posisi permainan dari game sebagai suatu node, dan merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi berarah yang menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana representasi suatu pohon (tree).
Namun, biasanya representasi langsung tersebut mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat lebar dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi sebanyak apapun masalah, namun game tree yang lebar dan besar memberikan beberapa masalah, antara lain konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan penyederhanaan bagi sebuah game tree.
Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe, penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya dengan algoritma dan representasi berbeda.
Minimax yang merupakan salah satu metode penerapan (implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa implementasi struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan penerapan Artificial Intelligence, dan tidak menutup kemungkinan ilmu dan metode baru yang lebih canggih akan ditemukan di masa depan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Storyboard Game : Java Chess The Game

TUGAS MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI GAME Nama          :         BagusFajarDwichayo NPM            :         51415251 KONSEP GAME Pada kali ini akan membuat konsep game yang serderhana. Dengan seiringnya waktu game-game yang ber grafik bagus dan gameplay yang sangat banyak action sudah sangat dijumpai pada saat ini, akan tetapi dengan grafik yang standar-standar saja dan gameplay yang simple juga masih sangat digemari oleh orang-orang yang mengisi waktu luang nya dengan teman-teman ketika sedang nongkrong atau sedang berkumpul untuk senang-senang. Game yang simple ini biasanya digemari oleh anak-anak atau para wanita. Oleh sebab itu berlatar belakang yang simple ada permainan tradisional yang sangat mudah dimainkan yaitu catur jawa, permainan ini sangat simple dan tidak salah untuk mengisi waktu luang dan bersen...

KOMPUTASI MODERN & PARALEL PROCESSING

a)   Pengertian Komputasi dan Paralel Prossesing KOMPUTASI Sebagian besar manusia di dunia mengetahui apa itu komputer, komputer berbeda dengan komputasi. Jadi, komputasi merupakan suatu cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Pengertian Komputasi adalah proses menghitung, membandingkan dan berbagai operasi perhitungan matematika dan logika yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dikerjakan dengan program komputer yang sudah disusun sesuai dengan Algoritma yang benar. Kelebihan dari proses perhitungan komputasi yaitu bisa mendapatkan suatu hasil laporan dengan cepat dan akurat. Karena kita tinggal menginput data ke komputer, maka sistem yang telah dibuat tadi akan bekerja dan mengolah data kita menjadi informasi yang lebih berguna. PARALLEL PROCESSING Pemrosesan paralel  yaitu menggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya,parallel processing membu...

PERJALANAN BUKIT PELANGI

Bukit Pelangi (gambar dari google).. Bukit Pelangi mungkin adalah tempat yang biasa dikunjungin kalau gue mau kepuncak. Ini tempat bukan opsional, sunah, atau apalah.. ini  tempat yang wajib kudu dan harus dilewatin sama kita-kita. Khususnya temen-temen SMA Sejahtera 1 Depok angkatan ke-32 (EXOS32) yang sering ke Puncak. Hmmm kenal tempat ini gara-gara temen sekolah si Rizky Maulana A.K.A Erem. Waktu itu (Lupa tanggal) lagi jaman-jamannya game Online PB. Nah kita-kita niat maen di satu warnet deket sekolah, hari itu hari libur. Nah karna anak-anak demennya pada ngaret akhirnya kita gak kebagian kursi di Warnet. Pas waktu itu si ada 4 orang ada gue, Erem, Faisal (Aso), sama Putra (Putbol) akhirnya kita galau didepan warnet bingung karna rencana yang diniatin gak sesuai harapan. Pas beberapa menit semenjak keambiguan kita keluarlah sabda dari mas Erem yang bunyinya.. Pake bismillah dulu. "Eh gimana kita ke BUKIT PELANGI aja? Itu gue pernah nongkrong disitu sama temen-te...