Macam-Macam
Game Engine
1. Unreal Engine
Company : Epic Games
Platforms : Windows, Android, HTML5, iOS, Linux, Mac, Oculus, PC, PS4, SteamOS, Xbox One
Operasi Sistem : PC, OS X, LINUX
Awal Rilis : 1 Juli 1998
Bahasa Pemrograman : C++
Type : 3D
Platforms : Windows, Android, HTML5, iOS, Linux, Mac, Oculus, PC, PS4, SteamOS, Xbox One
Operasi Sistem : PC, OS X, LINUX
Awal Rilis : 1 Juli 1998
Bahasa Pemrograman : C++
Type : 3D
Unreal Engine merupakan
salah satu game engine yang populer digunakan untuk mengembangkan game berbasis
mobile seperti Android dan iOS. Selain itu, pengembang yang menggunakan Unreal
Engine ini dapat juga mengembangkan game untuk Playstation, X Box, Windows, Mac
OS, Linux, HTML5, Steam, dan yang terbaru Oculus Rift.
Tahun lalu
Unreal Engine merupakan game engine yang berbayar dengan metode pembayaran
sistem langganan seharga $20 atau sekitar Rp. 250.000) per bulannya. Biasanya
yang menggunakan Unreal merupakan pengembang game besar, namun di tahun 2015
ini secara resmi Unreal Engine 4 menjadi versi gratis yang dapat digunakan oleh
pengembang game manapun.
Dengan
adanya sistem penggratisan ini memberikan dampak positif dan membuat pengembang
game yang menggunakan Unreal Engine ini menjadi bertambah banyak. Dalam hal ini
pihak Unreal akan meminta royalti sebesar 5% apabila pengembang game sukses
dalam menghasilkan keuntungan US$3000 (sekitar 39,3 Juta Rupiah) atau lebih
setiap 3 bulan sekali.Untuk dapat mengembangkan game menggunakan Unreal Engine
ini pengembangnya harus menguasai bahasa pemrograman C++.Menariknya, Unreal
Engine juga sudah melakukan integrasinya untuk game yang dapat berjalan di
perangkat Virtual Reality seperti Oculus Rift, SteamVR, maupun Samsung Gear VR.
Dengan adanya teknologi Virtual Reality ini memungkinkan pengembang dapat
membuat game dengan pengalaman yang lebih nyata ketika dijalankan pada sebuah
perangkat Virtual Reality.
Beberapa
game yang dihadirkan dengan Unreal Engine ini bisa dibilang memiliki kualitas
yang bagus dan tampilan antarmuka 3 dimensi yang menarik. Contoh game yang
dibuat menggunakan Unreal Engine adalah Icarus-M, Legend Of Mir, Lineage 2 : Revolution, Blade 2.
2. Unity
Company : Unity Technologies
Platforms : Android, BlackBerry, iOS, Linux, Mac, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Windows.
Operasi Sistem : PC, MacOS, Linux
Awal Rilis : 8 Juni 2005
Bahasa Pemrograman : C#, JavaScript (UnityScript), Boo
Platforms : Android, BlackBerry, iOS, Linux, Mac, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Windows.
Operasi Sistem : PC, MacOS, Linux
Awal Rilis : 8 Juni 2005
Bahasa Pemrograman : C#, JavaScript (UnityScript), Boo
Type
: 3D
Unity merupakan
suatu aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan game multi platform yang
didesain untuk mudah digunakan. Unity itu bagus dan penuh perpaduan dengan
aplikasi yang profesional. Editor pada Unity dibuat degan user interface yang
sederhana. Editor ini dibuat setelah ribuan jam yang mana telah dihabiskan
untuk membuatnya menjadi nomor satu dalam urutan rankking teratas untuk editor
game. Grafis pada unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi untuk OpenGL dan
directX. Unity mendukung semua format file, terutamanya format umum seperti
semua format dari art applications. Unity cocok dengan versi 64-bit dan dapat
beroperasi pada Mac OS x dan windows dan dapat menghasilkan game untuk Mac,
Windows, Wii, iPhone, iPad dan Android.
Unity secara rinci dapat
digunakan untuk membuat video game 3D, real time animasi 3D dan visualisasi
arsitektur dan isi serupa yang interaktif lainnya. Editor Unity dapat
menggunakan plugin untuk web player dan menghasilkan game browser yang didukung
oleh Windows dan Mac. Plugin web player dapat juga dipakai untuk widgets Mac.
Unity juga akan mendukung console terbaru seperti PlayStation 3 dan Xbox 360.
Pada tahun 2010, telah memperoleh Technology Innovation Award yang diberikan
oleh Wall Street Journal dan tahun 2009, Unity Technology menjadi 5 perusahaan
game terbesar. Tahun 2006, menjadi juara dua pada Apple Design Awards.
Server aset dari Unity
dapat digunakan semua scripts dan aset game sebagai solusi dari versi kontrol
dan dapat mendukung proyek yang terdiri atas banyak gigabytes dan ribuan dari
file multi-megabyte. Editor Unity dapat menyimpan metadata dan versi mereka,
itu dapat berjalan , pembaharuan dan didalam perbandingan versi grafis. Editor
Unity dapat diperbaharui dengan sesegera mungkin seperti file yang telah dimodifikasi.
Server aset Unity juga cocok pada Mac, Windows dan Linux dan juga berjalan pada
PostgreSQL, database server opensource.
Fitur-fitur
:
·
Rendering
·
Scripting
·
Asset
Tracking
·
Platforms
·
Asset
Store
·
Physics
Contoh Game : Angry Bird, Dread Out, Pokemon
GO, Bad Piggies.
3. CryEngine 3
Company : Crytek
Platforms : Windows, Linux, Android, iOS, PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Wii U
Operasi Sistem : PC, MacOS, Linux
Tanggal Rilis : 11 Maret 2009
Bahasa Pemrograman : C++, C#, Lua
Platforms : Windows, Linux, Android, iOS, PC, PS3, PS4, Xbox 360, Xbox One, Wii U
Operasi Sistem : PC, MacOS, Linux
Tanggal Rilis : 11 Maret 2009
Bahasa Pemrograman : C++, C#, Lua
Type
: 3D
CryEngine
3 merupakan
teknologi graphics game yang menampilkan bayangan dari pencahayaan suatu objek
terlihat nyata, dimana ketika player bayangannya menjauh akan memudar dan sedikit
menghilang. Rerumputan akan ikut bergerak apabila terkena sentuhan dari pemain
yang melintasinya, juga bergoyang ketika terkena hempasan angin yang
lalu-lalang. Bahkan partikel seperti jilatan api akan tampak seperti nyata,
tetesan air hujan disamudera dan permukaan yang terkena air hujan disuatu objek
mampu memantulkan suatu bayangan. Dengan kata lain, CryEngine 3 menjanjikan
grafik game yang nyata seperti bentuk aslinya direal-world. Dari Cry Engine 3
ini kita juga bisa melihat tampilan yang kabur ketika bergerak bergantung
kepada kecepatan, dan pembiasan diri dari partikel-partikel merupakan satu hal
yang sangat realistik yang pernah disaksikan dari suatu game engine. Belum lagi
tessellation yang membuat air dilautan terlihat begitu nyata, juga mampu menimbulkan
banyak buih ketika terjadi gesekan antara gelombang-gelombang air laut. Contoh
game yang menggunakan teknologi graphic Cry Engine yaitu Crysis 2, FarCry , Aion : Tower of Eternity.
4. Construct 2
Company : Scrirra
Platforms : Microsoft Windows, Android
Operasi Sistem : Microsoft Windows
Tanggal Rilis : 4 Februari 2011
Bahasa Pemrograman : HTML5 (Drag & Drop)
Type : 2D
Platforms : Microsoft Windows, Android
Operasi Sistem : Microsoft Windows
Tanggal Rilis : 4 Februari 2011
Bahasa Pemrograman : HTML5 (Drag & Drop)
Type : 2D
Construct 2 adalah Game Engine 2D berbasis HTML5, yang dikembangkan oleh Scirra Ltd. Engine ini ditujukan terutama pada non-programmer, yang memungkinkan pembuatan game hanya dengan cara drag-and-drop,karena sebagian besar logika untuk game dapat dibuat menggunakan menu.
Fitur-fitur
Construct 2 :
1.
Quick and Easy
Dengan menggunakan Construct 2 membuat game menjadi lebih mudah. Construct 2 memiliki antarmuka Ribbon yang cepat dan mudah dipahami. Layout editor menyediakan antarmuka what-you-see-is-what-you-get untuk mempercepat perancangan game. Sehingga apapun yang di lihat dalam desain layout adalah tampilan yang didapatkan ketika game dijalankan.
2. Powerfull Event System
Construct 2 dapat membuat game dengan cara yang mudah dibaca secara visual karena tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman yang rumit dan samar. Construct 2 menyediakan EventSheet yang berisi pernyataan kondisi atau pemicu. Jika kondisi tersebut terpenuhi, tindakan atau fungsi dapat dilakukan.
3. Flexible Behaviors
Behaviors menyediakan cara instan untuk menambahkan kemampuan objek, mempercepat pembangunan dan meningkatkan produktivitas. Misalnya menambahkan Behavior platform pada objek sprite yang memungkinkan objek tersebut dapat belari dan melompat. Pengguna dapat mengatur pengaturan untuk kecepatan, akselerasi, kekuatan melompat, gravitas, dan banyak lagi, sampai kemampuan objek tersebut sesuai seperti yang dibutuhkan.
4. Instant Preview
Tidak perlu menunggu waktu yang memakan waktu untuk mengkompilasi. Permainan akan di preview dan berjalan di jendela Browser ketika diuji. Fitur lainnya yang membuat pengujian lebih mudah adalah Preview Over Wifi. Hal ini memungkinkan setiap ponsel, tablet, laptop, atau PC lain yang terhubung pada LAN/Wifi juga dapat langsung melihat preview game.
5. Stunning Visual Effects
Ada lebih dari 70 efek berbasis WebGL untuk warp, distort, blend, blur, mask, re-color dan lainnya. Pengguna dapat menambahkan ini pada objek, layer dan layout untuk efek khusus yang cepat dan menciptakan hasil yang luar biasa. Game yang dibuat dengan Construct 2 diharapkan dapat membuat pemain mendapatkan pengalaman terbaik dari permainan yang dibuat.
6. Multiplatform Export
Construct 2 dapat mempublikasikan game dengan pilihan platform yang luas hanya dengan satu project. Game Construct 2 dapat diterbitkan pada platform berbasis web seperti Chrome Web Store, Facebook, Kongregate, Newgrounds, Firefox Marketplace. Selain itu memungkinkan pula untuk melakukan ekspor game ke desktop PC, Mac, dan Linux dengan menggunakan Node-Webkit. Selain mempublikasikan ke Windows 8 Store atau sebagai aplikasi Windows Phone 8. Pengguna dapat pula mengekspor game ke iOS dan Android dengan menggunakan CocoonJS, appMobi dan PhoneGap. Dengan dukungan platform yang luas pengguna dapat memiliki akses yang luas untuk pemain.
7. Easy Extensibility
Construct 2 hadir dengan lebih dari 20 built-in plugin, lebih dari 20 behaviors dan lebih dari 70 visual effects. Mulai dari menampilkan text dan sprites, sound dan music, input, manipulasi data dan penyimpanan, efek partikel, efek pergerakan, dan masih banyak lagi. Jika pengguna perlu beberapa fungsi tertentu, Construct 2 memberi akses pengguna untuk membuat plugin atau behaviors sendiri menggunakan Javascript SDK. Pengguna juga dapat membuat efek visual sendiri dengan menggunakan bahasa GLSL shader. Komunitas Construct 2 menghasilkan lebih dari 150 plugin dan behaviors. Plugin ini juga dapat ditambahkan untuk permainan yang dibuat.
Contoh Game : CoinOp Story, Cosmochoria, Mortar Melon.
Dengan menggunakan Construct 2 membuat game menjadi lebih mudah. Construct 2 memiliki antarmuka Ribbon yang cepat dan mudah dipahami. Layout editor menyediakan antarmuka what-you-see-is-what-you-get untuk mempercepat perancangan game. Sehingga apapun yang di lihat dalam desain layout adalah tampilan yang didapatkan ketika game dijalankan.
2. Powerfull Event System
Construct 2 dapat membuat game dengan cara yang mudah dibaca secara visual karena tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman yang rumit dan samar. Construct 2 menyediakan EventSheet yang berisi pernyataan kondisi atau pemicu. Jika kondisi tersebut terpenuhi, tindakan atau fungsi dapat dilakukan.
3. Flexible Behaviors
Behaviors menyediakan cara instan untuk menambahkan kemampuan objek, mempercepat pembangunan dan meningkatkan produktivitas. Misalnya menambahkan Behavior platform pada objek sprite yang memungkinkan objek tersebut dapat belari dan melompat. Pengguna dapat mengatur pengaturan untuk kecepatan, akselerasi, kekuatan melompat, gravitas, dan banyak lagi, sampai kemampuan objek tersebut sesuai seperti yang dibutuhkan.
4. Instant Preview
Tidak perlu menunggu waktu yang memakan waktu untuk mengkompilasi. Permainan akan di preview dan berjalan di jendela Browser ketika diuji. Fitur lainnya yang membuat pengujian lebih mudah adalah Preview Over Wifi. Hal ini memungkinkan setiap ponsel, tablet, laptop, atau PC lain yang terhubung pada LAN/Wifi juga dapat langsung melihat preview game.
5. Stunning Visual Effects
Ada lebih dari 70 efek berbasis WebGL untuk warp, distort, blend, blur, mask, re-color dan lainnya. Pengguna dapat menambahkan ini pada objek, layer dan layout untuk efek khusus yang cepat dan menciptakan hasil yang luar biasa. Game yang dibuat dengan Construct 2 diharapkan dapat membuat pemain mendapatkan pengalaman terbaik dari permainan yang dibuat.
6. Multiplatform Export
Construct 2 dapat mempublikasikan game dengan pilihan platform yang luas hanya dengan satu project. Game Construct 2 dapat diterbitkan pada platform berbasis web seperti Chrome Web Store, Facebook, Kongregate, Newgrounds, Firefox Marketplace. Selain itu memungkinkan pula untuk melakukan ekspor game ke desktop PC, Mac, dan Linux dengan menggunakan Node-Webkit. Selain mempublikasikan ke Windows 8 Store atau sebagai aplikasi Windows Phone 8. Pengguna dapat pula mengekspor game ke iOS dan Android dengan menggunakan CocoonJS, appMobi dan PhoneGap. Dengan dukungan platform yang luas pengguna dapat memiliki akses yang luas untuk pemain.
7. Easy Extensibility
Construct 2 hadir dengan lebih dari 20 built-in plugin, lebih dari 20 behaviors dan lebih dari 70 visual effects. Mulai dari menampilkan text dan sprites, sound dan music, input, manipulasi data dan penyimpanan, efek partikel, efek pergerakan, dan masih banyak lagi. Jika pengguna perlu beberapa fungsi tertentu, Construct 2 memberi akses pengguna untuk membuat plugin atau behaviors sendiri menggunakan Javascript SDK. Pengguna juga dapat membuat efek visual sendiri dengan menggunakan bahasa GLSL shader. Komunitas Construct 2 menghasilkan lebih dari 150 plugin dan behaviors. Plugin ini juga dapat ditambahkan untuk permainan yang dibuat.
Contoh Game : CoinOp Story, Cosmochoria, Mortar Melon.
Efek dalam Game
1.
Resolution
Resolusi merupakan
jumlah pixel yang
ada di dalam monitor gamers. Biasanya dituliskan dalam bentuk panjang x
lebar pixel.
Misal 1440 x 900 maka
artinya monitor tersebut akan memiliki panjang 1440 pixel dengan lebar 900
pixel.
Semakin banyak jumlah pixel maka
semakin besar pula resolusinya dan semakin mulus juga gambar yang akan
dihasilkan.
2.
Texture
Kalau tekstur tentunya
membicarakan kualitas dari lingkungan sekitar / environment dalam
game. Sehingga game yang dimainkan akan menjadi bagus, indah, dan rapi.
Semakin tinggi tekstur
yang gamers inginkan
akan menghasilkan kerja VGA yang lebih berat namun detil yang lebih bagus juga.
3. Anti-Aliasing
Anti-Aliasing berfungsi untuk mengurangi efek aliasing atau
efek patah-patah. Biasanya efek aliasing akan terlihat jelas pada objek berposisi
diagonal.
Anti-aliasing berfungsi sebagai filter yang
mengubah warna pada pixeldisekitar obyek yang terlihat patah-patah sedemikian
rupa sehingga obyek tersebut terlihat lebih mulus.
Proses ini sangat mempengaruhi
performa GPU. Fitur ini memiliki banyak tingkatan 2x, 4x, atau 16x.
Anti-aliasing 16x menghilangkan hampir semua efek anak
tangga dengan mengurangi performa GPU secara signifikan.
Sedangkan pada anti-aliasing 2x,
efek patah-patah mungkin masih sering terlihat, namun performa lebih baik.
4.
MSAA (Multisampling Anti-Aliasing)
MSAA merupakan jenis AA yang paling
sering digunakan. MSAA diterapkan hanya pada bagian frame yang
mungkin terlihat patah-patah, dan bukannya pada seluruh frame,
sehingga MSAA bisa
saja masih menyisakan efek patah-patah tadi pada beberapa bagian, misalnya
didalam obyek poligon.
5. TXAA (Temporal Anti-Aliasing)
TXAA bisa juga dikatakan MSAA dengan
beberapa modifikasi. TXAAmemproses frame yang telah ditampilkan untuk menyempurnakan
frame yang akan ditampilkan.
TXAA dibuat oleh NVIDIA sehingga
optimal untuk kartu grafis buatannya. TXAA dapat lebih efektif dari MSAA,
namun membuat gambar terlihat sangat kabur. AMD juga
membuat AA semacam
ini dengan nama MLAA.
6. FXAA (Fast Approximate Anti-Aliasing)
FXAA adalah jenis AA yang tidak terlalu mengurangi performa. FXAAmemproses frame yang
ditampilkan untuk mengurangi aliasing dengan relatif cepat. Namun FXAA dapat
membuat gambar terlihat kabur. Sebaiknya
fitur ini dimatikan apabila dirasa game berjalan terlalu berat.
7.
Vertical Synchronization (VSync)
VSync merupakan pengaturan untuk mencegah
terjadinya screen
tearing. Screen tearing adalah tidak sesuainya frame per
second dengan refresh rate.
VSync mengolah frame rate sesuai
dengan refresh rate untuk
mencegah screen
tearing, misalnya maksimal 60 fps pada monitor 60Hz. Pada
saat frame rate berkurang VSync menguncinya
ke 30, 20, atau 15 fps untuk mengindari screen tearing.
Frame rate diantara 60 dan 30 biasanya dikunci ke 30,
dan seterusnya. Sedangkan tanpa VSync frame rate-nya bisa lebih tinggi, dengan kemungkinan
terjadi tearing.
Adaptive VSync buatan NVIDIA mencegah penurunan frame rate secara
signifikan selagi mencegah screen tearing.
8. Render Quality
Render quality akan memengaruhi hasil kualitas gambar
yang dihasilkan dalam game.
Semakin kecil kualitas render-nya
semakin besar fps yang
bisa didapat dengan konsekuensinya memiliki grafik yang kurang memuaskan.
9. Tessellation
Tessellation pengaturan yang akan menyebabkan
permukaan yang rata menjadi terlihat lebih detil, lengkap dengan perbedaan
kedalaman tekstur.
Tesselation juga menambah kualitas visual lebih
terasa. Fitur ini membutuhkan GPU yang mendukung DirectX 11.
Disarankan mengaktifkan fitur
ini setelah bisa menyelakan semua fitur yang lain dan performa GPU yang
memungkinkan.
10.
Ambient Occlusion
Ambient occlusion akan membentuk bayangan pada sudut
dan sisi tertentu sebuah objek.
Ambient occlusion memproses bayangan yang terbentuk
tidak hanya dari satu cahaya saja.
11.
Anisotropic Filtering
Pengaturan ini membuat tekstur
objek yang letaknya jauh terlihat jelas dan merata.
Semakin tinggi tingkat Anisotropic Filtering maka semakin
jelas / tajam tekstur objek yang jauh terlihat.
Fitur ini menyempurnakan
tampilan visual
game tanpa terlalu mengurangi performa.
Artificial
Intelligence dalam Game
Salah satu unsur yang berperan penting dalam sebuah
game adalah kecerdasan buatan. Dengan kecerdasan buatan, elemen-elemen dalam
game dapat berperilaku sealami mungkin layaknya manusia.
Game AI adalah aplikasi untuk memodelkan karakter yang
terlibat dalam permainan baik sebagai lawan, ataupun karakter pendukung yang
merupakan bagian dari permainan tetapi tidak ikut bermain (NPC = Non Playable
Character). Peranan kecerdasan buatan dalam hal interaksi pemain dengan
permainan adalah pada penggunaan interaksi yang bersifat alami yaitu yang biasa
digunakan menusia untuk berinteraksi dengan sesama manusia. Contoh media
interaksi ialah:
·
Penglihatan
(vision)
·
Suara
(voice), ucapan (speech)
·
Gerakan
anggota badan ( gesture)
Untuk pembentukan Artificial Intelligence pada game
ternyata digunakan pula algoritma, yaitu jenis pohon n-ary untuk suatu
struktur. Implementasi pohon (tree) ini biasa disebut game tree. Berdasarkan
game tree inilah sebuah game disusun algoritma kecerdasan buatannya. Artificial
intellegence yang disematkan dalam sebuah game yang membentuk analisis game
tree biasanya merepresentasikan kondisi atau posisi permainan dari game sebagai
suatu node, dan merepresentasikan langkah yang mungkin dilakukan sebagai sisi
berarah yang menghubungkan node kondisi tersebut ke anak (child) sebagaimana
representasi suatu pohon (tree).
Namun, biasanya representasi langsung tersebut
mempunyai kelemahan, yaitu representasi data pohon akan menjadi sangat lebar
dan banyak. Mungkin bagi sebuah mesin komputer mampu melakukan kalkulasi
sebanyak apapun masalah, namun game tree yang lebar dan besar memberikan
beberapa masalah, antara lain konsumsi proses memori, kapasitas penyimpanan
yang cukup besar dan kinerja yang kurang pada konsol game berspesifikasi
rendah. Karena itu dibentuklah beberapa algoritma dan penyederhanaan bagi
sebuah game tree.
Pada salah satu contoh game klasik, yaitu tic tac toe,
penyederhanaan dapat dilakukan dengan berbagai metode. Salah satu diantaranya
adalah minimax. Metode ini berhasil diterapkan dan memberikan nilai reduksi
yang cukup signifikan. Dan tidak hanya bisa digunakan secara monoton, minimax
juga bisa digunakan untuk game-game yang lebih rumit seperti catur, tentunya
dengan algoritma dan representasi berbeda.
Minimax yang merupakan salah satu metode penerapan
(implementasi) pohon n-ary pada suatu game, menandakan bahwa implementasi
struktur (pohon khusunya) sangatlah diperlukan pada pembuatan dan penerapan
Artificial Intelligence, dan tidak menutup kemungkinan ilmu dan metode baru
yang lebih canggih akan ditemukan di masa depan.
Komentar
Posting Komentar