Langsung ke konten utama

Teknologi Internet dan New Media

SEJARAH INTERNET
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana denganhardware dan software komputer yang berbasis UNIX.
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research InstituteUniversity of CaliforniaSanta BarbaraUniversity of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

KONSEP NEW MEDIA
New Media atau Media Baru adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan kemutaakhiran perkembangan teknologi informasi yang tua ini yang makin bersifat interaktif dan perangkatnya biasanya sudah berbasis digital. Media Baru sendiri jika diartikan secara harfiah bermakna perantara yang baru, kenapa sih disebut seperti itu? Berikut pengertian dari New Media menurut beberapa pakar di bidangnya:
-Menurut Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18), merangkumkan perkembangan media komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, kedua, era komunikasi cetak, ketiga, era telekomunikasi, dan keempat, era komunikasi interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi interaktif.
-Menurut Ron Rice, mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun dengan informasi yang diinginkan.
-Menurut McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi terdesentralisasi, distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang semakin meningkat.

PENJELASAN TENTANG :
1.      INTERNET
Internet (kependekan dari Interconnection-Networking) adalah seluruh jaringan computer yang saling terhubung menggunakan standar system  global Transmission Control Protocol/Internet protocol suite (TCP/IP) sebagai protocol pertukaran paket untuk melayani miliyaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian jaringan yang terbesar dinamalan internet. Cara menghubungka rangakaian tersebut dengan kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”)

2.      PENGGUNAAN INTERNET
Menurut lembaga riset pasar e-Marketer,  populasi netter Tanah Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Angka yang berlaku untuk setiap orang yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan Indonesia di peringkat ke-6 di dunia dalam hal jumlah pengguna internet.


Pada 2017, e-Marketer memperkirakan, jumlah netter Indonesia bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang pada peringkat ke-5, yang pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban.
Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet, setidaknya sekali tiap satu bulan.

"Ponsel dan koneksi broadband mobile terjangkau mendorong pertumbuhan akses internet di negara-negara yang tidak bisa mengandalkan fixed line, entah karena masalah infrastruktur atau biaya," ujar analis senior eMarketer, Monica Peart.
Peart menyebutkan bahwa negara berkembang seperti Indonesia dan India masih memiliki ruang pertumbuhan jumlah pengguna internet yang besarnya bisa mencapai dua digit setiap tahun. Di atas Indonesia, lima besar negara pengguna internet di dunia secara berurutan untuk saat ini diduduki oleh Tiongkok, Amerika  Serikat, India, Brasil, dan Jepang. Jumlah pengguna internet di Tiongkok saat ini tercatat sebanyak 643 juta orang, lebih dari dua kali lipat populasi netter di Amerika Serikat yang sebesar 252 juta jiwa.

3.      PENERAPAN NEW MEDIA BESERTA CONTOHNYA

·        Manfaat New Media
Berbagai manfaat dari new media dapat ditemukan dalam  berbagai bidang, sebagai berikut:
-Bidang Sosial
New media berpengaruh besar dalam bidang Sosial atau disebut Jejaring social yag berfungsi sebagai medium Komunikasi bagi para pengguna internet untuk bersosialisasi contohnya facebook,Twitter,Hello What’s up dan media social lainnya
-Bidang Pendidikan
Dapat menjadi sarana belajar dan saling bertukar informasi untuk pelajar  bahkan  dapat digunakan untuk  mencari sumber informasi seperti Wikipedia dan lainnya,dan sistem baru yang disebut E-learning yang memudahkan sistem pembelajaran.
-Bidang Informasi(berita)
New Media memegang peranan penting dalam bagian ini karena berfungsi sebagai penghantar informasi  dan memberitakan kabar-kabar atau hal-hal yang terbaru untuk para pembaca nya.contoh kompas.com,detikcom
-Bidang Pekerjaan
Sebagai media untuk mencari,memberitakan,memuat sebuah lowongan kerja sehingga memudahkan para penggunanya.contoh jobsdb
-Bidang Bisnis
Sangat berguna sebagai perantara Jual beli secara online sehingga memudahkan para penjual maupun pembeli untuk bertransaksi contohya seperti Toko Bagus,Rakuten dan Online Shop lainnya.

·        Komponen New Media
Ada beberapa komponen didalam  new  media yaitu :
-Pembuat merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.

-Penyalur adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.

-Sedangkan Pemakai adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.

·        Aplikasi New Media
Didalam new media ada beberapa aplikasi yang mendukung dalam penggunaan nya, yaitu sebagai berikut:
1.Jejaring Sosial
 Dalam bidang jejaring social dapat kita temukan banyak sekali kegunaan atau peran new media contoh peimplementasiannya seperti facebook,twitter dan lain-lain
2.Sarana hiburan
 Dalam bidang ini pengimplementasian new media sangat nyata contohnya seperti Youtube,vimeoo yang digunakan untuk melihat,mengupload atau bahkan mendownload sebuah video di internet.
3.Sarana Informasi(berita)
Dalam bidang ini new media diimplementasikan sebagai media informasi untuk melihat berita contoh nya detikcom,kompas.com dan lainnya.
4.Sarana Jual beli
Dalam bidang ini new media diimplementasikan sebagai media jual beli untuk pembeli dan penjual seperti Berniaga.com,Toko Bagus.com dan lain-lain.
Dari beberapa pengaplikasian diatas saya mengambil 1 contohnya:
Yaitu  Facebook yang mengimplementasikan new media sebagai  media social dengan memanfaatkan koneksi internet dengan begitu para pengguna dari seluruh dunia dapat terhubung satu sama lain dan bisa berinteraksi.

·        Pandangan New Media
Menurut pandangan penulis, new media merupakan sutau terobosan yang tercipta dari awal abad ke 20, yang dimana perkembangan nya terus bergejolak seiring dengan bertambahnya tahun. Maka, tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan new media pun berkembang pesat dikalangan para pengguna new media ini.
            New media sendiri pun sudah menjadi kebutuhan pokok diwilayah perkotaan. Karna para masyarakat perkotaan akan berkembang sesuai perkembangan teknologi yang terjadi didunia. Perkembangan teknologi tersebut memicu timbul nya adu gengsi, kepopularitasan serta kebutuhan yang tak pernah puas akan teknologi.
            Dampak baik dan buruk pun  timbul dari berevolusi nya new media. Untuk dampak buruk bisa terlihat oleh keadaan masyarakat perkotaan yang candu akan dunia digital dan melupakan dunia nyata yang seharusnya sudah menjadi kebutuhan socialnya. Momok tersebut telah berkembang pesat dan tidak bisa dihindari. Salah satu contoh dari new media tersebut adalah social media. Seolah olah  indra manusia bukan merupakan media komunikasi lagi, melainkan digantikan oleh kehadiran media social ini.
            Dampak yang baik dari new media bisa kita lihat dari menambah luas nya lapangan kerja dan memudahkan berbisinis serta memperoleh pengetahuan. Semakin pesat nya perkembangan teknologi, maka masyarakat yang berkalangan IT atau mempunyai pengetahuan tentang teknologi berbondong bondong untuk menciptakan suatu new media atau aplikasi sebagai sumber penghasilannya. Mereka memanfaatkan kebutuhan masyarakat akan teknologi. Sebagai contoh yaitu aplikasi gojek yang telah membuka lowongan perkerjaan dan memberikan gaji yang menjanjikan juga.
            Sehingga perkembangan new media tidak bisa disalahkan sebagai momok menakutkan dikalangan masyarakat perkotaan. Semua itu tergantung kepada pandangan dari pengguna new media itu sendiri.

SUMBER:
http://tekno.kompas.com/read/2014/11/24/07430087/pengguna.internet.indonesia.nomor.enam.dunia
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
http://nickyhaeriani.blog.com/tv-digital-vs-tv-analog/

http://blogthomiakbar.blogspot.co.id/2015/10/teknologi-internet-dan-new-media.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Storyboard Game : Java Chess The Game

TUGAS MATA KULIAH PENGANTAR TEKNOLOGI GAME Nama          :         BagusFajarDwichayo NPM            :         51415251 KONSEP GAME Pada kali ini akan membuat konsep game yang serderhana. Dengan seiringnya waktu game-game yang ber grafik bagus dan gameplay yang sangat banyak action sudah sangat dijumpai pada saat ini, akan tetapi dengan grafik yang standar-standar saja dan gameplay yang simple juga masih sangat digemari oleh orang-orang yang mengisi waktu luang nya dengan teman-teman ketika sedang nongkrong atau sedang berkumpul untuk senang-senang. Game yang simple ini biasanya digemari oleh anak-anak atau para wanita. Oleh sebab itu berlatar belakang yang simple ada permainan tradisional yang sangat mudah dimainkan yaitu catur jawa, permainan ini sangat simple dan tidak salah untuk mengisi waktu luang dan bersen...

KOMPUTASI MODERN & PARALEL PROCESSING

a)   Pengertian Komputasi dan Paralel Prossesing KOMPUTASI Sebagian besar manusia di dunia mengetahui apa itu komputer, komputer berbeda dengan komputasi. Jadi, komputasi merupakan suatu cara untuk menemukan pemecahan permasalahan dari data input dengan suatu algoritma. Pengertian Komputasi adalah proses menghitung, membandingkan dan berbagai operasi perhitungan matematika dan logika yang bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dikerjakan dengan program komputer yang sudah disusun sesuai dengan Algoritma yang benar. Kelebihan dari proses perhitungan komputasi yaitu bisa mendapatkan suatu hasil laporan dengan cepat dan akurat. Karena kita tinggal menginput data ke komputer, maka sistem yang telah dibuat tadi akan bekerja dan mengolah data kita menjadi informasi yang lebih berguna. PARALLEL PROCESSING Pemrosesan paralel  yaitu menggunakan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya,parallel processing membu...

PERJALANAN BUKIT PELANGI

Bukit Pelangi (gambar dari google).. Bukit Pelangi mungkin adalah tempat yang biasa dikunjungin kalau gue mau kepuncak. Ini tempat bukan opsional, sunah, atau apalah.. ini  tempat yang wajib kudu dan harus dilewatin sama kita-kita. Khususnya temen-temen SMA Sejahtera 1 Depok angkatan ke-32 (EXOS32) yang sering ke Puncak. Hmmm kenal tempat ini gara-gara temen sekolah si Rizky Maulana A.K.A Erem. Waktu itu (Lupa tanggal) lagi jaman-jamannya game Online PB. Nah kita-kita niat maen di satu warnet deket sekolah, hari itu hari libur. Nah karna anak-anak demennya pada ngaret akhirnya kita gak kebagian kursi di Warnet. Pas waktu itu si ada 4 orang ada gue, Erem, Faisal (Aso), sama Putra (Putbol) akhirnya kita galau didepan warnet bingung karna rencana yang diniatin gak sesuai harapan. Pas beberapa menit semenjak keambiguan kita keluarlah sabda dari mas Erem yang bunyinya.. Pake bismillah dulu. "Eh gimana kita ke BUKIT PELANGI aja? Itu gue pernah nongkrong disitu sama temen-te...