SEJARAH INTERNET
Internet merupakan jaringan
komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika
Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan
yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project
Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana denganhardware dan software komputer yang berbasis UNIX.
Tujuan awal
dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US
Department of Defense) membuat sistem jaringan
komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di
daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan
untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang
dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya
ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford
Research Institute, University of California, Santa
Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan
terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET
diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini
berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut
ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab
itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan
militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan
non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya
dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.
KONSEP NEW MEDIA
New
Media atau Media
Baru adalah istilah yang digunakan untuk menyatakan kemutaakhiran perkembangan
teknologi informasi yang tua ini yang makin bersifat interaktif dan
perangkatnya biasanya sudah berbasis digital. Media Baru sendiri
jika diartikan secara harfiah bermakna perantara yang baru, kenapa sih disebut
seperti itu? Berikut pengertian dari New Media menurut
beberapa pakar di bidangnya:
-Menurut
Everett M. Rogers (dalam Abrar, 2003:17-18), merangkumkan perkembangan media
komunikasi ke dalam empat era. Pertama, era komunikasi tulisan, kedua, era
komunikasi cetak, ketiga, era telekomunikasi, dan keempat, era komunikasi
interaktif. Media baru adalah media yang berkembang pada era komunikasi
interaktif.
-Menurut Ron
Rice, mendefinisikan media baru adalah media teknologi komunikasi yang
melibatkan komputer di dalamnya (baik mainframe, PC maupun Notebook) yang
memfasilitasi penggunanya untuk berinteraksi antar sesama pengguna ataupun
dengan informasi yang diinginkan.
-Menurut
McQuail, media baru adalah tempat dimana seluruh pesan komunikasi
terdesentralisasi, distribusi pesan lewat satelite meningkatkan penggunaan
jaringan kabel dan komputer, keterlibatan audiens dalam proses komunikasi yang
semakin meningkat.
PENJELASAN TENTANG :
1. INTERNET
Internet
(kependekan dari Interconnection-Networking) adalah seluruh jaringan computer
yang saling terhubung menggunakan standar system global Transmission Control
Protocol/Internet protocol suite (TCP/IP) sebagai protocol pertukaran paket
untuk melayani miliyaran pengguna di seluruh dunia. Rangkaian jaringan yang
terbesar dinamalan internet. Cara menghubungka rangakaian tersebut dengan
kaidah ini dinamakan internetworking (“antarjaringan”)
2. PENGGUNAAN INTERNET
Menurut
lembaga riset pasar e-Marketer, populasi netter Tanah
Air mencapai 83,7 juta orang pada 2014. Angka yang berlaku untuk setiap orang
yang mengakses internet setidaknya satu kali setiap bulan itu mendudukkan
Indonesia di peringkat ke-6 di dunia dalam hal jumlah pengguna internet.
Pada 2017,
e-Marketer memperkirakan, jumlah netter Indonesia
bakal mencapai 112 juta orang, mengalahkan Jepang pada peringkat ke-5, yang
pertumbuhan jumlah pengguna internetnya lebih lamban.
Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet, setidaknya sekali tiap satu bulan.
Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet, setidaknya sekali tiap satu bulan.
"Ponsel
dan koneksi broadband
mobile terjangkau mendorong
pertumbuhan akses internet di negara-negara yang tidak bisa mengandalkan fixed
line, entah karena masalah infrastruktur atau biaya," ujar analis
senior eMarketer, Monica Peart.
Peart menyebutkan bahwa negara berkembang seperti Indonesia dan India masih memiliki ruang pertumbuhan jumlah pengguna internet yang besarnya bisa mencapai dua digit setiap tahun. Di atas Indonesia, lima besar negara pengguna internet di dunia secara berurutan untuk saat ini diduduki oleh Tiongkok, Amerika Serikat, India, Brasil, dan Jepang. Jumlah pengguna internet di Tiongkok saat ini tercatat sebanyak 643 juta orang, lebih dari dua kali lipat populasi netter di Amerika Serikat yang sebesar 252 juta jiwa.
Peart menyebutkan bahwa negara berkembang seperti Indonesia dan India masih memiliki ruang pertumbuhan jumlah pengguna internet yang besarnya bisa mencapai dua digit setiap tahun. Di atas Indonesia, lima besar negara pengguna internet di dunia secara berurutan untuk saat ini diduduki oleh Tiongkok, Amerika Serikat, India, Brasil, dan Jepang. Jumlah pengguna internet di Tiongkok saat ini tercatat sebanyak 643 juta orang, lebih dari dua kali lipat populasi netter di Amerika Serikat yang sebesar 252 juta jiwa.
3. PENERAPAN NEW MEDIA BESERTA
CONTOHNYA
· Manfaat New Media
Berbagai manfaat dari new media
dapat ditemukan dalam berbagai bidang, sebagai berikut:
-Bidang Sosial
New media berpengaruh besar
dalam bidang Sosial atau disebut Jejaring social yag berfungsi sebagai medium
Komunikasi bagi para pengguna internet untuk bersosialisasi contohnya
facebook,Twitter,Hello What’s up dan media social lainnya
-Bidang Pendidikan
-Bidang Pendidikan
Dapat menjadi sarana belajar
dan saling bertukar informasi untuk pelajar bahkan dapat
digunakan untuk mencari sumber informasi seperti Wikipedia dan
lainnya,dan sistem baru yang disebut E-learning yang memudahkan sistem
pembelajaran.
-Bidang Informasi(berita)
New Media memegang peranan
penting dalam bagian ini karena berfungsi sebagai penghantar
informasi dan memberitakan kabar-kabar atau hal-hal yang terbaru
untuk para pembaca nya.contoh kompas.com,detikcom
-Bidang Pekerjaan
Sebagai media untuk
mencari,memberitakan,memuat sebuah lowongan kerja sehingga memudahkan para
penggunanya.contoh jobsdb
-Bidang Bisnis
Sangat berguna sebagai
perantara Jual beli secara online sehingga memudahkan para penjual maupun
pembeli untuk bertransaksi contohya seperti Toko Bagus,Rakuten dan Online Shop
lainnya.
· Komponen New Media
Ada beberapa komponen didalam
new media yaitu :
-Pembuat merupakan
orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini
berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
-Penyalur adalah
sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang
berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
-Sedangkan Pemakai adalah
orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang
berfungsi untuk memakai new media.
· Aplikasi New Media
Didalam new media ada beberapa
aplikasi yang mendukung dalam penggunaan nya, yaitu sebagai berikut:
1.Jejaring Sosial
Dalam bidang jejaring
social dapat kita temukan banyak sekali kegunaan atau peran new media contoh
peimplementasiannya seperti facebook,twitter dan lain-lain
2.Sarana hiburan
Dalam bidang ini
pengimplementasian new media sangat nyata contohnya seperti Youtube,vimeoo yang
digunakan untuk melihat,mengupload atau bahkan mendownload sebuah video di
internet.
3.Sarana Informasi(berita)
Dalam bidang ini new media
diimplementasikan sebagai media informasi untuk melihat berita contoh nya
detikcom,kompas.com dan lainnya.
4.Sarana Jual beli
Dalam bidang ini new media
diimplementasikan sebagai media jual beli untuk pembeli dan penjual seperti
Berniaga.com,Toko Bagus.com dan lain-lain.
Dari beberapa pengaplikasian
diatas saya mengambil 1 contohnya:
Yaitu Facebook yang
mengimplementasikan new media sebagai media social dengan
memanfaatkan koneksi internet dengan begitu para pengguna dari seluruh dunia
dapat terhubung satu sama lain dan bisa berinteraksi.
· Pandangan New Media
Menurut pandangan penulis, new
media merupakan sutau terobosan yang tercipta dari awal abad ke 20, yang dimana
perkembangan nya terus bergejolak seiring dengan bertambahnya tahun. Maka,
tidak bisa dipungkiri bahwa kebutuhan akan new media pun berkembang pesat
dikalangan para pengguna new media ini.
New media sendiri pun sudah menjadi kebutuhan pokok diwilayah perkotaan. Karna
para masyarakat perkotaan akan berkembang sesuai perkembangan teknologi yang
terjadi didunia. Perkembangan teknologi tersebut memicu timbul nya adu gengsi,
kepopularitasan serta kebutuhan yang tak pernah puas akan teknologi.
Dampak baik dan buruk pun timbul dari berevolusi nya new media. Untuk
dampak buruk bisa terlihat oleh keadaan masyarakat perkotaan yang candu akan
dunia digital dan melupakan dunia nyata yang seharusnya sudah menjadi kebutuhan
socialnya. Momok tersebut telah berkembang pesat dan tidak bisa dihindari.
Salah satu contoh dari new media tersebut adalah social media. Seolah
olah indra manusia bukan merupakan media komunikasi lagi, melainkan
digantikan oleh kehadiran media social ini.
Dampak yang baik dari new media bisa kita lihat dari menambah luas nya lapangan
kerja dan memudahkan berbisinis serta memperoleh pengetahuan. Semakin pesat nya
perkembangan teknologi, maka masyarakat yang berkalangan IT atau mempunyai
pengetahuan tentang teknologi berbondong bondong untuk menciptakan suatu new
media atau aplikasi sebagai sumber penghasilannya. Mereka memanfaatkan
kebutuhan masyarakat akan teknologi. Sebagai contoh yaitu aplikasi gojek yang
telah membuka lowongan perkerjaan dan memberikan gaji yang menjanjikan juga.
Sehingga perkembangan new media tidak bisa disalahkan sebagai momok menakutkan
dikalangan masyarakat perkotaan. Semua itu tergantung kepada pandangan dari
pengguna new media itu sendiri.
SUMBER:
http://tekno.kompas.com/read/2014/11/24/07430087/pengguna.internet.indonesia.nomor.enam.dunia
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet
http://nickyhaeriani.blog.com/tv-digital-vs-tv-analog/
http://blogthomiakbar.blogspot.co.id/2015/10/teknologi-internet-dan-new-media.html
Komentar
Posting Komentar